Hemat biaya dan tepat sasaran, yuk beriklan di facebook


Sebelum melanjutkan tulisan di artikel ini, kami ingin menyampaikan bahwa apa yang dimuat di edisi kali ini bukanlah endorse. Kami tidak bayar oleh facebook sepersen pun. Di sini kami hanya ingin berbagi dengan anda salah satu cara untuk beriklan dengan biaya hemat dan tepat sasaran.

Hari ini,  siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi Facebook milik Mark Zuckerberg ini.  Aplikasi yang digunakan 2,17 Milyar orang di dunia ini menyediakan ruang beriklan yang boleh dipertimbang oleh pelaku bisnis.  Jasa iklan yang ditawarkan juga sangat menghemat biaya dan tepat sasaran.

Beriklan cuma Rp 30,000 bisa menjangkau ribuan calon konsumen dengan mudah. Sebagai pebisnis,  anda mungkin pernah melakukan segala jenis promosi mulai dari cetak brosur,  cetak kartu nama,  beriklan dikoran,  televisi dll.  Tapi pernahkan anda beriklan di facebook?

Saya mengambil satu contoh,  anda mencetak seribu brosur dengan biaya 500/pcs brosur. Jadi anda menghabiskan Rp 500,000 untuk mencetak brosur tersebut.  Setelah itu anda perlu meluangkan waktu untuk membagikan brosur tersebut,  mungkin saja anda berpanas-panasan membagikan brosur itu di lampu merah,  atau anda keliling 1 Mall untuk flyering.

Setelah brosur itu dibagikan, apakah anda yakin brosur itu disimpan atau dibaca oleh orang yang menerimanya? Mungkin saja brosur kita cuma dibuang atau di buat pembungkus  kacang oleh sang penerima. Berapa lama waktu yang anda luangkan bagikan brosur tersebut. ?

Apa pun usaha anda untuk menyampaikan informasi dengan brousur tersebut harus di acungkan jempol. Anda masih masih bersemangat untuk mempromosikan bisnis anda.  Sebenarnya cara ini tidak salah,  cuma di edisi ini,  saya ingin berbagi cara yang mudah agar upaya promosi atau iklan anda lebih Maksimal.

Intinya kita ingin menyampaikan sebuah informasi ke calon konsumen tentang produk, memperkenal lokasi bisnis atau promo yg kita tawarkan.  Sebelum cetak brosur , pasti ada soft filenya sebulum dicetak . Kenapa tidak soft file itu langsung kita bagikan di platform social media dengan cuma mengeluarkan biaya 30rb-50rb saja.

Informasi  yang kita buat dalam bentuk soft copy(informasin, foto, video dalam bentuk file)  maupun hard copy(informasi, foto, video dicetak atau di jadikan CD)  tidak lain bertujuan supaya informasi tersebut bisa dilihat oleh user.  Menyampaikan informasi dalam bentuk teknologi digital amatlah kami sarankan. Salah satu inisiatif yang bisa dilakukan dengan menggunakan panpage facebook.

Cara beriklan di Panpage facebook

1. Anda harus membuat panpage(halaman) facebook.
Buatlah halaman facebook dengan nama toko anda ataub nama bisnis anda. Pilihlah nama yang cocok yang relevan dengan bisnis anda.
Buat halaman facebook anda di sini

2. Lengkapi informasi seputar bisnis
Lengkapi panpage yang telah di buat dengan logo,  foto latar,  alamat, deskripsi singkat tentang bisnis,nomor  telfon yang bisa dihubungi dll yang dianggap penting. Buat semenarik mungkin agar panpage anda terlihat lebih elegan. Jangan asal main input saja yah :)

3.Posting tentang informasi produk/bisnis
Sebelum beriklan,terlebih dahulu buatlah beberapa postingan penting seperti informasi speutar produk, lokasi bisnis, testimoni , artikel terkait produk, tips dll.

Ini penting supaya calon konsumen yakin bahwa bisnis anda benar-benar ada,terpercaya  dan aktif bertransaksi.

4. Mulailah beriklan.
Buatlah 1 postingan dengan deskripsi dan desain menarik serta kreatif. Bisa juga soft file brosur anda yang tadi atau bisa juga promosi dalam bentuk video.

Setelah postingan tadi berhasil di publish, mulailah beriklan dengan klik promosikan kiriman. Jika anda buka dalam aplikasi,  tombol promosikan kiriman akan muncul setelah anda klik foto pada postingan anda. Lihat gambar di bawah.
tampilan di aplikasi facebook
Setelah anda masuk ke promosikan kiriman,  di situ kita bisa pengatur penargetan pemirsa yang akan melihat postingan kita.  Mulai dari penargetan wilayah, alamat,  umur ,jenis kelamin,  durasi promosi, dll.

Untuk pembuat penargetan orang di sekeliling  kita yang biasanya untuk usaha baru supaya diketahui tetangga dan orang sekitar,  anda bisa memilih penargetan alamat.

Ini juga bisa dilakukan oleh public figure untuk maju jadi pimpinan daerah yang ingin publikasikan diri ke masyarakat sekitar tentang dirinya.

Terdapat juga pilihan promosikan juga melalui instagram.  Perlu kita ketahui bahawa panpage facebook bisa dikaitkan dengan instagram.  Jika kita upload di instagram bisa juga otomatis terupload di Panpage facebook. Soal ini kita akan bahas di artikel selanjutnya.

Back to the topic, setelah mengatur penargetan pemirsa,  Soal pembayaran iklan, anda bisa pilih tombol "promosikan kiriman anda sekarang". Anda akan di tunjukkan metode pembayaran.

Metode pembayaran bisa menggunakan karru kredit atau debit.  Metode pembayaran juga bisa di lalukan melalui transfer Atm bersama. Di snilah kebanyakan orang takut melakukan pembayaran, takut ketipulah,  takut tidak dipromosikan, penipuan online dan sebagainya.

Beriklan di facebook anda tidak perlu khawatir, tidak mungkin gara-gara uang Rp 30,000- Rp 100,000 facebook sebagai perusahaan raksasa di dunia ingin menipu anda.  Facebook sudah punya omset milyaran bahkan triliyunan. "Angka pasti juga penulis juga tidak tahu" hehe.  Intinya perusahaan sebesar ini tidak mungkin mau merusak nama dengan menipu penggunanya.

Setelah iklan berhasil, anda akan dapat pemberitahuan dari facebook.  Postingan yang anda iklankan akan muncul di beranda facebook pemirsa yang telah di targetkan.  Hari ini,  siapa sih yang nggak punya facebook.  Jadi sasaran iklan anda akan tepat sasaran  ke beranda facebook calon konsumen.

Sekian yang sempat kami bagikan tentang cara mudah beriklan di facebook.
Selamat mencoba.

0 Response to "Hemat biaya dan tepat sasaran, yuk beriklan di facebook"

Post a Comment