Tutorial membuat Link yang terkoneksi langsung ke Whatsapp


Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang terbilang populer di tanah air. Rata-rata setiap smartphone di Indenesia mempunyai aplikasi whatsapp, bahkan biasanya tidak jarang kita temukan dalam satu handphone terdapat lebih dari satu aplikasi whatsapp.

Aplikasi chatting whatsapp amat disukai pengguna kerna tidak berisi iklan dan cukup ringan. Whatsapp banyak digunakan untuk komunikasi secara personal maupun berkelompok (group).

Selain tujuan kominikasi bersama teman-teman, rakan kerja ,keluarga dan relasi lainnya, aplikasi ini banyak digunakan untuk tujuan bisnis (jual beli ). Setelah memberikan informasi seputar produk yang dijual, para pebisnis lazimnya mencantumkan nomor whatsapp yang bisa di hubungi calon pembeli.

Di edisi kali ini, kami akan coba memberi tutorial lebih mudah dengan mencantumkan link yang langsung terkoneksi ke obrolan whatsapp tanpa membaca nomor whatsapp satu per satu lalu di save kemudian ngechat. 

Link yang dimaksud adalah link yang langsung terkoneksi ke ruang obrolan whatsapp dengan cepat dengan cara mengklik link tersebut.
Contoh link, klik di sini

Link ini bisa kita pasang di social media, aplikasi mobile,  website dan sarana lainnya di mana tempat anda memasarkan produk jualan. Link ini bisa juga ditambahkan dengan  kata sapaan sesuai keinginan anda. Contohnya , ketika mengklik link tersebut , langsung ada kata sapaan seperti " halo admin, saya ingin order ...dst.

langsung saja kami akan tunjukkan caranya:


1. buat codding  whatsapp seperti di bawah. Jika di handphone anda bisa buat linknya di catatan dan apabila menggunakan pc anda bisa menggunakan notepad. keterangan :bagian nomor handphone, silakan di edit sesuai nomor whatsapp anda. sisa anda copy paste saja text di bawah :



%20 dalam whatsapp berarti spasi, setelah kata "text=%20" silakan ketik sesuai kata sapaan yang ingin anda masukkan ketika calon pelanggan mengklik link anda. Setiap satu kata jangan lupa input %20 sebagai spasi sesuai contoh diatas.

Manakala,  untuk nomor handphone jangan lupa ketik "62" sebagai kode telfon negara Indonesia. jadi bukan phone=082348333311 tapi yang benar adalah phone=6282348333311.

setelah membuat link seperti di atas, jika link terlalu panjang, anda bisa menggunakan shorten url , klik  di sini   lalu copy link anda lalu shorten dan copy link yang sudah berhasil di shorten. Contoh seperti ini,

link sebelum : https://api.whatspp.com/sendphone=6282348333311&text=%20saya%20ingin%20order%20handpoone%20xiaomi%20Note%205A%202/16%20

Tentunya link di atas terlalu panjang bukan? untuk dimasukka ke socail media seperti instagram,facebook atau anda ingin menshare di group whatsapp. Link anda akan terbaca untuk whatsapp dan kurang rapi. 

jika anda menggunakan link whatsapp seperti ini 
link setelah shorten url : https://bit.ly/2JgWJam

Link tersebut akan membuat calon pembeli lebih mudah untuk mengklik dan lebih penasaran link tersebut sebenarnya tentang apa yah ? peluang untuk linknya di klik akan lebih besar lagi.

Kedua-dua link di atas adalah sama, ditujukan langsung ke obrolan whatsapp anda. Cuma panjangnya saja yang berbeda.  Untuk pasang link whatsapp tersebut di aplikasi mobile atau  website, anda hanya perlu pilih opsi input link lalu text displaynya  anda bisa  atur sendiri sesuai keinginan  untuk tersambung langsung ke obrolan whatsapp anda. 

Contoh :  Informasi seputar produk klik  di sini

Baca juga : cara melihat pesan whatsapp yang-telah dihapus

Sekian tutorial dari Hokky Cell Online Makassar seputar aplikasi whatsapp. Jika anda yang masih kurang paham atau ada yang ingin ditambahkan, serta  teman-teman juga bisa request tutorial  dengan berkomentar di bawah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.   


0 Response to "Tutorial membuat Link yang terkoneksi langsung ke Whatsapp"

Post a Comment