Dengan smartphone, anda menjadi konsumtif atau produktif ?


Semakin hari pengguna smartphone di dunia maupun di Indonesia semakin meningkat. Lebih dari sebuah perangkat komunikasi, fitur-fitur canggih yang ada pada smartphone banyak membawa perubahan ke dalam hidup manusia. Tidak heran jika mulai bangun tidur hingga tidur kembali benda yang satu ini selalu saja menemani kita.

Dalam keadaan santai,  lagi menunggu sesuatu,  lagi di cafe,  lagi di kantor,  liburan, dan di manu pun anda berada pasti lihat handphone. Terdapat beberapa rutinitas  manusia yang sering dilakukan dengan memiliki smartphone seperti melihat notifikasi, chattingan,  update sesuatu di sosial media, browsing,  bermain games,  belanja online, dan berbagai macam aktivitas lainnya.

Aktivitas rutin yang dijalani dengan smartphone pasti menimbulkan dampak dalam kehidupan manusia. Selain melihat dari sisi positif dan negatifnya, dampak dari smartphone juga bisa merubah seseorang menjadi konsumtif atau produktif.

Apakah dengan memiliki smartphone Anda menjadi komsumtif atau produktif ?

Pertama,  kita bahas dulu bagaimana seseorang yang produktif dengan menggunakan smartphone. Biasanya orang tipe ini memanfaatkan kecanggihan dari smartphonenya untuk menghasilkan sesuatu. Mulai dari menghasil pundi-pundi rupiah dengan berjualan online, berkarya,  berbagi ilmu pengetahuan dan banyak kegiatan produktif lainnya.

Banyak yang bertanggapan,  tidak jualan di smartphone berarti tidak produktif?  Tidak seperti itu,  produktif bukan semata jualan dengan smartphone lalu menghasilkan. Terdapat beberapa kegiatan produktif lainnya seperti menggunakan smartphone untuk menunjang kebutuhan pekerjaan. Jika anda cendurung berbagi informasi bermanfaat atau content creator di internet melalui smartphone, ini salah satu tanda produktif.

Di era digital semua informasi kita bisa dapatkan dengan cepat dan mudah melalui smartphone. Sebenarnya, dengan adanya teknologi inilah smartphone telah membuka peluang kepada kita untuk menjadi lebih produktif, efesien dan efektif  di usia muda.

Menaklukkan smartphone lebih kepada pembantu anda untuk fleksibilitas kerja,  mempermudah proses pembelajaran dan menghasilkan sesuatu itu termasuk kategori produktif dengan smartphone.

Beralih ke tipe konsumtif, tak dipungkiri dampak dari smartphone amat besar dalam memicu perilaku ini.  Terutama kepada generasi milenial yang lahir pada jamannya sudah ada internet .  Dari sejak kecil sudah bermain gadget. Jadi tidak heran pengaruh trendy yang ada pada smartphone membuat mereka lebih boros lagi.

Mulai dari kebiasaan harus mengakses internet setiap hari sehingga kecanduan dengan tujuan yang tak menentu sehingga pengeluaran untuk internet pun meningkat. Berbeda dengan tujuan menunjang pekerjaan,  biaya untuk internet tergantikan dengan hasil yang diperoleh.

Selain itu, perilaku konsumtif tidak cenderung kepada fungsi dari sebuah smartphone,  walaupun sebenarnya gadget masih layak untuk digunakan namun tetap saja ingin terus diganti kerna ingin up to date lagi dengan keluaran terbaru. Lebih-lebih lagi jika gadget tersebut dipromosikan oleh artis idola mereka.

Perilaku konsumtif juga dipicu dengan mudahnya berbelanja di smartphone. Dari internet , sebuah smartphone dengan mudahnya  kita menjangkau semua barang kebutuhan dengan mudah. Sisa ditambahi sedikit bumbu promosi sebagai dorongan untuk menjadi konsumtif semakin bertambah walau barangnya sebenarnya tidak dibutuhkan.

Perlu digaris bawahi,  perilaku konsumtif ini tidak hanya berlaku kepada kaum milenial melainkan hal ini juga terjadi pada orang dewasa.

" Duit, duit gue,bukan duit loh" ini benar juga sih..kalau memang mampu yah,  ngak masalah  tapi jangan sampai anda memaksakan kehendak sehingga kebutuhan penting lainnya terabaikan.

Smartphone adalah sebuah perangkat teknologi yang sangat bermanfaat sekali jika difungsi sebaik-baiknya. Sama ada anda akan berubah menjadi seorang yang produktif atau konsumtif dengan mempunyai smartphone, itu tergantung pada diri kita sendiri dalam menggunakannya.

0 Response to "Dengan smartphone, anda menjadi konsumtif atau produktif ? "

Post a Comment