Ketahui jenis-jenis layar pada smartphone sebelum membelinya


Layar menjadi salah satu kompenen penting pada smartphone. Layar yang mumpuni akan memberikan akan pengalaman visual yang baik kepada para pengguna smartphone.

Ketika membeli smartphone, konsumen lazimnya menanyakan ukuran layar. Berapa ukuran layarnya mbak/mas ? Full screen ngak? . Jarang sekali yang menanyakan jenis layarnya.  Perlu ketahui jenis layar juga mempengaruhi efek visual dari sebuah smartphone.

Di edisi kali,  kami akan berbagi jenis  dan tipe layar pada smartphone.  Semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman dalam memilih smartphone impian anda.

1. Layar LCD
LCD yaitu singkatan dari Liquid Crystal display.  Layar LCD menggunakan teknologi dengan mengusung lapisan kristal cair yang banyak digunakan di perangakat elektronik termasuk smartphone.  Layar LCD menjanjikan display yang cukup baik dibawah sinaran matahari.

2. Layar TFT LCD
Thin film transitor Liquid Crystal Display atau dikenal juga TFT LCD merupakan jenis layar smartphone LCD.
Kelebihan dari TFT adalah kualiatas gambar yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi dari layar LCD biasa.


Namun kekurangan TFT, jika dibawah sinaran matahari, sudut pandang dan visibilitas layar TFT amat terbatas.
Selain itu,  layar TFT juga lebih banyak  menguras daya baterai. Oleh kerna harga murah layar TFT LCD banyak digunakan pada smartphone kelas menengah kebawah.

3. IPS LCD
 IPS atau singkatan dari In-Plan Switching juga merupakan layar smartphone dari pengemban LCD. IPS LCD mempunyai resolusi yang lebih tinggi.  Layar jenis ini hadir sebagai solusi untuk layar ketika dipandang dibawah sinar matahari.  Layar IPS juga mengkonsumsi daya baterai yang lebih sedikit dibanding tipe LCD sebelumnya. Harga Layar IPS LCD lebih mahal , sehingga tipe layar IPS biasa digunakan pada smartphone kelas.

4. Layar OLED
Layar OLED  atau juga dikenal dengan layar Organic Light Emetting Diode.Teknologi  Layar OLED mengusung layar berlapis organic berbasis karbon. OLED yang berada di antara dua lapisan yaitu  lapisan atas dan pelat dibawah kaca yang disebut anoda dan Katoda. Jadi layar OLED terjepit di antara lapisan atas dan pelat bawah kaca.

Layar OLED mempunyai beberapa kelebihan seperti menghasilkan warna yang lebih tajam, memiliki kecepatan respon lebih cepat, sudut pandang lebih luas dan lebih ringan. Layar OLED ini lebih baik dari layar LCD. 

5. Layar AMOLED
AMOLED adalah kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED adalah jenis layar OLED yang biasanya digunakan pada smartphone kelas atas.

Kelebihannya layar ini ,juga mempunyai kemiripan dengan OLED ,namun lebih baik lagi dari segi ketajaman gambar,kecerahan lebih tinggi,  lebih hemat daya komsumsi baterai dan lebih ringan lagi.

6. Super AMOLED
Di dengar dari namanya saja, tentu layar ini adalah versi lanjutan dari layar AMOLED. Layar super AMOLED ( Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode ) dikembangkan oleh Produsen handphone SAMSUNG. Layar Super AMOLED digunakan untuk smartphone high-End SAMSUNG seperti yang ada S9 dan S9 plus.

Layar super AMOLED lebih sensitif kerna layar ini mempunyai sensor sentuh tersendiri sebagai lawan dari sentuhan luar untuk menciptakan lapisan  sentuhan yang terpsiah. Dari segi kecerahan dan ketajaman warna pastinya Super AMOLED lebih baik dari layar AMOLED yang biasa.

7. Layar Retina
Retina adalah jenis layar yang diperkenalkan oleh  Perusahaan Apple Inc. Jenis layar retina mula diperkenalkan pada model Iphone 4. Retina adalah layar jenis IPS yang mempunyai resolusi tertinggi yang mempunyai ketajaman gambar extra  warna yang cukup jelas.

Layar Retina merupakan layar terbaik yang ada pada smartphone. Apple menyembut layar retina sangat sulit diindentifikasi kerapatan pixelnya.

8.Layar Haptic
Layar Haptic atau dikenal dengan layar Tactile Touchscreen adalah tipe layar sentuh yang digunakana oleh Blackberry dan Nokia. layar jenis ini memberikan refleks dari sentuhan pada layarnya. Umpan balik yang diberikan layar ini lebih akurat untuk kepuasan mengetik pada layar handphone.

Itulah jenis-jenis layar smartphone yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali. Semoga informasi ini bisa menjadi acuan ketika anda membeli smartphone. Selain menanyakan ukuran layarnya, jangan lupa menanyakan jenis layarnya juga yah.. :)

Semoga bermanfaat.

11 Responses to "Ketahui jenis-jenis layar pada smartphone sebelum membelinya "

  1. baruka tw kak ternyata ada banyak jenis layar , slama ini klo beli hp cuman liat merek , ramny berp nda pernh terpikirkan mau nanya jenis layarnya apa

    ReplyDelete
  2. Kebetulan pernah mencoba beberapa Handpone dengan beberapa jenis layar diatas. Sekerang memakai layar dengan jenis super amoled. enak dilihat dan ndak gampang bikin mata lelah

    ReplyDelete
  3. Banyak juga jenis-jenis layar handphone yah kak. Hpku kayaknya layarnya yang IPS LCD, jadi enak kalo main hp di bawah sinar matahari. Kayaknyaa wkwk siapa tau sottaka, hpku Samsung A7 2018 btw kak

    ReplyDelete
  4. bermanfaat sekali infonya kak, pas untuk referensi sebelum beli handphone, apalagi saya saya pecinta drakor, tipe lcd itu penting sekali 😊

    ReplyDelete
  5. Sudah beberapa kalinganti hp ganti merek tapi blom pernah tau klo layar yang dipakai di hp itu beda beda. Thanks infonya ya, jdi banyak tau ttg jenis2 layar hp

    ReplyDelete
  6. Ternyata jenisnya lumayan banyak. Akhirnya pengen cari tahu layar hp yg biasa dipake sama vivo

    ReplyDelete
  7. Iya nih kak, semakin besar dan bagus jenis layarnya, semakin mewah dan cantik ponselnya. Apalagi jaman sekarang,wajib banget nih pake ponsel yg rasionya 18:9 biar kekinian.😁 nice inpoh kak😊

    ReplyDelete
  8. Berarti layar hpku retina kak di' karena saya pake iphone 5. Tapi sekali pun layar terbaik tapi sekarang sudah bergaris2 dan ada bintik hitamnya. Pernah baca2 katanya memang layar iphone itu rentan sama yang begituan. Kira2 ada pencegahannya nda kak kalau dari segi pengguna?

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada segitu banyak jenis layar handphone. Perempuan itu jarang banget merhatiin hal2 kayak gini, yang penting itu cameranya bagus bisa buat selfie tanpa filter udah kece wkwkwk. Infonya keren Daeng 👍.

    ReplyDelete
  10. Thanks, info baru nih. Akhirnya jadi tahu layar handphone saya jenisnya apa. Hehe.

    ReplyDelete
  11. Ternyata layar ponsel pun beda-beda jenis nya dih, selama ini hanya perhatikan brand, kamera, Dan RAM/ROM kalau mau beli hape wkwkwkwk terima kasih infonyaa, sungguh mencerahkan

    ReplyDelete