Jadikan google sebagai sales marketing peribadimu


Dikit-dikit om google,  dikit-dikit cari di om google. Om google lagi dan om google lagi.  Kenapa tidak, di jaman serba teknologi seperi sekarang ini,  google sebagai browser pencarian terbesar di dunia memainkan peran penting dalam menyajikan segala informasi yang dibutuhkan manusia. Tidak heran jika ingin mencari sebuah informasi kita selalu saja membuka peramban web yang satu ini.

Seperti mana dikutip dari bloghubspot.com , sekitar 3,5 milyar pencarian imformasi yang terjadi di google setiap harinya. Saking banyaknya orang mengaksesnya, membuat google bukan hanya sebagai mesin pencarian tetapi peramban ini juga menyediakan marketing tools untuk para pelaku bisnis.

Sebagai penyedia informasi terbesar di jagat maya tentu saja ada peran penyedia kontent atau informasi yang dibutuhkan masyarakat.  Sama ada itu informasi ilmiyah,  berita,  tempat dan termasuk juga informasi seputar bisnis. Jika anda seorang yang melek melihat peluang,  maka anda bisa mencoba untuk memanfaatkan tools marketing yang di sediakan oleh google. Tidak ada salahnya anda menjadikan google sebagai sales marketing peribadi. Jika takut untuk memulai menggunakan tools yang berbayar, cobalah untuk menggunakan yang gratis. 

Berikut saya akan berbagi informasi tentang marketing tools yang disediakan oleh google mulai yang berbayar dan gratisan.


1. Google Adwords
Google adwords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian google sebagai saran beriklan.  Lazimnya, google adwords juga dikenal sebagai search engine marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.  Platform iklan google adwords cocok digunakan untuk pemasaran online. Beriklan di google adwords memboleh kita menargetkan calon konsumen calon berdasarkan keywords,  lokasi,  topik dan waktu.  Contohnya jika anda mempunyai produk " oleh-oleh khas Makassar" , maka jika orang mau mencari oleh-oleh khas makassar lalu mencarinya di goolge dengan keyword  tersebut maka google akan memunculkan iklan produk anda tentang oleh-oleh khas Makassar. Selain melalui penulusuran, google adwords juga menyediakan beberapa jenis iklan awords seperti iklan diplays di website google publisher, iklan video di youtube dan iklan adsmob di aplikasi mobile. Untuk menggunakan adwords ,pasti berbayar kerna kita menggunakan jasa iklan google pada tempat tertentu di internet. Memulai iklan di google adwords anda harus mengeluar dana untuk mengisi saldo minimal Rp 50,000.

Baca juga : Digital Marketing katogori online dan offline

2. Google bisnisku
Google bisnisku adalah platform gratis yang disediakan untuk para pebisnis untuk memunculkan produk mereka di 3 google sekaligus yaitu,  google search,  google maps  dan google plus. Langkahb pertama anda mendaftar di akun google bisnisku untuk mengisi informasi seputar bisnis anda mulai dari nama produk/nama toko,  alamat,  informasi produk,  jam buka dan tutup, nomor telfon,  website,  foto dan informasi secara singkat dengan bisnis anda. Jika akun anda sudah terverifakasi oleh pihak google mulailah posting produk-produk yang ingin dipasarkan untuk berinteraksi dengan calon konsumen.  Semakin anda aktif memposting, semakin banyak interaksi di google yang bisa anda dapatkan. Pada platform ini google juga menyediakan beberapa analytics sebagai bahan evaluasi mulai dari total views/penayangan, pencarian dan action mulai interaksi  klik dan telfon.

3. Google sites
Jika anda belum mempunyai website khusus untuk bisnis anda, maka google sites adalah opsi kedua yang bisa dilakukan untuk memunculkan kehadiran bisnis anda di Internet. Google sites merupakan aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web peribadi, kelompok ataupun bisnis. Google sites dihadirkan sebagai pengganti google page creator.  Membuat situs di google sites cukup mudah tanpa memerlukan keahlian desain atau pemrograman kerna semua templete sudah disediakan oleh google.  Membuat situs di google sites gratis, namun jika anda ingin membuat domain khusus untuk bisnis anda, baru akan dikenakan biaya oleh pihak google.

4. Google + business page
Platform google + business page juga salah satu marketing tools yang gratis yang disediakan oleh google.  Sebelum membuat halaman bisnis untuk google plus,  anda perlu membuat akun peribadi terlebih dahulu lalu membuat halaman bisnis " create page " pada bagian bawah foto profil anda. Pada platform gratisan ini,  anda bisa memasukan informasi seputar bisnis mulai lokasi,  informasi produk, bisnis tagline,  foto,  video, kontak person,  dan deskripsi singkat tentang bisnis. Jika halaman anda aktif di google +  , bisa saja halaman anda juga bisa muncul di pencarian google.


5. Google Alert
Google alert atau dikenal juga sebagai lansiran google merupakan sebuah tools untuk memberitahukan sesuatu informasi yang menarik sesuai kriteria yang anda ingin tau. Cara kerja google alert adalah berdasarkan kueri ( bahasa komputer untuk melakukan permintaan terhadap basis data dan sistem informasi)  yang ingin anda pantau.  Dalam bisnis,  silakan masuk kueri sesuai bisnis anda,  lalu akan anda akan mendapat berita hangat,  informasi dari industri pesaing,  dan apa saja topik yang lagi booming tentang kueri yang ingin anda pantau.  Tentunya dengan adanya informasi yang akan dikirim melalui email oleh google alert, anda akan bisa merancang stategi bisnis terlebih dahulu sebelum pesaing melalukannya. Kata lain,  anda bisa terlebih dahulu update informasi dengan layanan google alert. Perlu diketahui tools goolge alert juga disediakam cuma-cuma oleh pihak google.

Baca juga : Budayakan soft selling dalam berjualan di sosial media

Apakah anda sudah mencoba marketing tools yang sediakan oleh goolge? Kehadiran akan bisnis anda di goolge pastinya akan sedikit membantu bisnis anda selangkah lebih maju dan mengikuti perkembangan jaman, melihat jual beli sekarang lebih banyak terjadi melalui internet.  Salah satu inisiatif, anda bisa mencoba tools marketing yang disedikan oleh google.

19 Responses to "Jadikan google sebagai sales marketing peribadimu"

  1. Google Adwords sepertinya sangat menarik untuk dipertimbangkan. Apalagi untuk Beauty Blogger, tinggal ketik satu kata saja langsung postingan ta yg keluar. Pengen coba tapi gak ngerti daftarnya dimana dan gimana:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya.. Yg googlr arwords adalah salah satu cara yang efektif utk iklan.. Ntar bext postingan saya share tentang google Adwords..

      Delete
  2. Wah ternyata ada yang namanya google site juga ya kak dan beberapa produk google lainnya. Ku baru tahu. Terus mau tanya, bedanya google site sama blogger itu apa kak? Kan sama-sama bisa membuat website kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan,, saya pasti akan berkunjung kembali, klw google site itu website yg amat sederhana skli yg biasa digunakan utk menjelaskan bisnis kita secara singkat, cth ttg produk, alamat dan no hp, klw bedanya dgn blogger, fitur google site amat terbatas kerna mmg cukup sederhana, beda dgn blogger yg punya bnyak fitur utk kita bisa nulis panjang2 skligus bisa mnjadi google publisher melalui blogger.klw google site ngak bisa..

      Delete
  3. Sesungguhnya produk-produk google diatas baru saya tau. Ups... #nggakgaul. Nice artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan,, ntar tunggu kunjungan saya kembali. .

      Delete
  4. Wah,sepertinya kak atim habis belajar di kelas bisnis google nih n langsung share n terapin ilmunya☺ semoga berkah kak.. Sukses terus kak atim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehe, cuma belajar otodidak ji ini. Dek,, dan masih amatiran,,hehe mksih kunjungannya, ntar saya berkunjung kembali. .

      Delete
  5. penasaranka coba google adwordsnya kak. Tapi haruska belajar sedari dini. banyaknya jenis google yang ndk kukenal gang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksih atas kunjungannya, tunggu kunjungan saya kembali. .Insya Allah, Next article saya share ttg googlr adwords. .

      Delete
  6. Kalau Google bisnis ini pernah saya coba, dan memang membantu sekali, at last jadi marketing pribadi di media sosial. Selebihnya baru tau 😁 Thanks kak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, tunggu kunjungan saya kembali..

      Delete
  7. Saya pernah daftar google adwords untuk lihat-lihat keywords, tapi masih kurang paham cara penggunaannya. Kalau ada postingan khusus tentang adwords boleh dong di-share, saya pengen belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, next article saya akan mmbhas ttg google adwords..

      Delete
  8. saya baru coba yang gugel bisnisku karena pernah ikut pelatihannya di arena co working space pasar segar. Yang lain belom pernah coba.

    ReplyDelete
  9. Saya belajar sedikit-sedikit tentang ini. Pahamnya susah hahaha.
    Google Alert, saya baru coba pakai untuk kata kunci yang saya incar. Eh akhir-akhir ini ada pemberitahuan dari kata kunci itu.

    Google Ads, lagi ada bonus buat pengguna baru dih. Kayak pengen coba tapi belum kesampaian.

    ReplyDelete
  10. Kemarin sempat ikutin acara yang kasih info seputar marketing google. Lumayan berat juga sih kak pahamnya. Apalagi pas di cek blogku sama pematerinya, disuruhka ganti template karena blogku ndak mobile friendly. Akhirnya sekarang kugantimi templateku jadi yang responsive. Hehe.

    ReplyDelete
  11. Sama seperti kak Niar saya ppun belajar sendiri tentang ini dan memang agak sulit dipahami. Tapi setelah melewati banyak trial eror, akhirnya mulai ma paham juga.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih sudah sharing, bermanfaat sekali. Bukan hanya bisa dipakai until memasarkan produk tapi jasa sebagai blogger dih. Mau ulik lebih dalam deh

    ReplyDelete