Modal Hp, 5 Aplikasi Buat Youtubers Pemula


Ingin berkarya di YouTube tapi belum punya perlengkapan yang mencukupi seperti kamera profesional atau belum punya laptop ? Jangan khawatir teman-teman. Jangan urungkan dulu niat Anda kerna dengan modal HP android saja, kamu juga bisa memulai karya di YouTube. Mulai dari pengambilan video, editing dan upload video di YouTube, 100% saya juga menggunakan handphone. Saya masih percaya  "di mana ada kemauan ,di situ pasti ada jalan".  

Perlengkapan yang minim bukan alasan untuk  perkembangan sebuah channel YouTube. Saya telah membuktikannya sendiri dari pengalaman saya dalam  membangun channel Daeng Techno . Walaupun dengan sebuah channel yang amat sederhana,  namun channel saya juga diterima menjadi YouTube Partner alias sudah bisa dimonetisasi untuk penampilkan iklan dari om google.  

Di artikel kali ini, saya akan berbagi aplikasi apa saja yang saya gunakan dalam berkarya di YouTube. Saya menggunakan 5 aplikasi berikut ini sebagai youtuber pemula. Masih jauh dari kata " expert" dalam ngeyutube, namun saya akan menjelaskan secara singkat fungsi di setiap aplikasi. Demi memudahkan lagi teman-teman, saya juga akan menyertakan link download untuk semua aplikasi yang yang saya gunakan. Yuk, kita simak bersama apa saja 5  aplikasi yang cocok buat youtuber pemula yang bermodalkan handpone.



1. Kine Master Pro
Kine master  adalah salah satu aplikasi edit video yang terpopuler di dunia. Melalui aplikasi ini kita dapat mengedit video dengan mudah dan cepat menggunakan handphone. Pada aplikasi kine master terdapat beberapa fitur edit yang menarik seperti menambahkan layer video, fitur effect, fitur trims atau cut video, audio editor, dan bermacam fitur lainnya lagi. Tambahan lagi, video yang dihasilkan dari Kine kine master bisa diexport ke kualitas HD (high definition) dan  Full HD. Jangan lupa download yang versi Kine master pro supaya video Anda bebas dari watermark.

2. Filmora Go
Masih di seputar aplikasi edit video. Selain kine master pro, saya juga menggunakan aplikasi Filmora Go dalam edit video. Filmora adalah salah satu aplikasi edit video yang banyak digunakan di PC, namun sekarang sudah tersedia aplikasinya untuk handphone android. Pada aplikasi Filmora Go lebih banyak tersedia fitur untuk animasi. Banyak fitur keren yang tersedia di Filmora Go mulai dari menambahkan effect ke video, layer video, tema,  transisi, overlay dan banyak lagi. Filmora Go agak sedikit rumit untuk digunakan dibandingkan dengan  kine master. Makanya saya menggunakan Filmora Go untuk mengedit video yang berdurasi lebih singkat seperti opening video dan  beberapa tambahan video yang ksdang memerlukan animasi. Tapi final editing saya tetap menggunakan Kine master pro. Intinya saya biasa menggabung hasil editing dari Filmora Go dan kine master pro.

3. Screen recorder 5+
Aplikasi screen recorder 5+ saya gunakan untuk merekam layar pada handphone andriod. Aplikasi ini cocok buat teman-teman yang ingin membuat tutorial yang memerlukan rekaman layar untuk diperlihatkan kepada penonton. Ada banyak aplikasi yang pernah saya coba untuk merekam layar tapi saya lebih merekomendasikan aplikasi ini kerna punya banyak kelebihan. Di antaranya, aplikasi ini tidak mempunyai watermark, bisa merekam dengan lancar, bisa dijeda, mengatur kualiatas rekaman, sekaligus merekam suara dan banyak lagi. Jadi saya sering menggunakan aplikasi ini walaupun banyak tersedia aplikasi rekam layar lainya.

4.Pixel lab
Pixel Lab adalah sebuah aplikasi untuk edit foto. Kok perlu yah, aplikasi edit foto untuk ngeyoutube? bagi saya aplikasi ini amat dibutuhkan untuk mengedit foto buat YouTube thumbnail. Jadi untuk mengedit foto thumbnail dengan ukuran yang tepat, saya menggunakan aplikasi pixel lab. Pada aplikasi ini sudah tersedia beberapa opsi ukuran foto termasuk youtube thumbnail. Bagi yang belum tau, youtube thumbnail adalah foto yang ditampilkan sebagai  sampul video kita. Tambahan lagi, mengedit foto menggunakan Pixel lab terbilang mudah dan sederhana. Aplikasi Pixel lab menyediakan banyak fitur menarik seperti add layer, teks, efek, filter warna, texture, crop foto dan masih  banyak lagi.

5. Youtube Creator studio
YouTube creator studio adalah dashboard bagi sebuah channel YouTube. YouTube creator studio menyediakan analytics data sebuah channel youtube mulai dari jumlah penanyangan, jumlah subcriber, video teratas, estimasi pendapatan, asal traffic penonton, dan banyak informasi penting lainnya tentang sebuah channel YouTube. Untuk membuka YouTube creator studio melalui browser di handphone agak sedikit memakan waktu. Jadi untuk lebih  memudahkan, saya sarankan untuk   mendownload langsung aplikasi  youtube creator studio. Selain dari  analytics data,  berbagai hal juga kita bisa dilakukan langsung pada aplikasi ini seperti mengubah YouTube thumbnail, membalas komentar dan mengaktifkan monetisasi pada video yang telah diupload.

Itu dia teman-teman,  5 aplikasi yang saya gunakan untuk ngeyoutube. Sebagai catatan , saya bukan endorse ke lima aplikasi di atas,  melainkan niat murni untuk berbagi kepada teman-teman yang ingin memulai karya di youtube dengan modal handphone.  

Sekian apa yang sempat bagikan diartikel saya kali ini. Jika teman-teman punya masukan atau recomended apps lainnya buat youtuber pemula, silakan berkomentar dibawah.

oh iya, satu lagi, seperti yang saya janjikan tadi, saya akan berbagi link download untuk aplikasi di atas. Link download kelima aplikasi tersebut bisa teman-teman dapatkan di deskripsi video saya berikut ini :


12 Responses to "Modal Hp, 5 Aplikasi Buat Youtubers Pemula"

  1. terima kasih ulasannya kak. ternyata jadi yutuber tak perlu rempong-rempong amat yah..

    ReplyDelete
  2. Saya pake iphone, apakah aplikasi di atas bisa di ios om?

    ReplyDelete
  3. Rajin ta' belajar,Daeng. Bisa ki' jadi TECHNO BLOGGER. Cuma saya belum tahu apakah ada komunitasnya. Tapi di Jawa ada yang mengkhususkan diri jadi techno blogger dan mereka menerima job seputar perangkat teknologi, seperti HP, dll.

    Tentang bahasan ini, saya baru ingat, mau install Filmora Go di laptop, belum kesampaian. Tunggu laptopnya dibersihkan dulu, terlalu banyak isinya. Terima kasih ulasan ta'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tau Ibu..Saya juga belum dapat di Makassar siapa teman saya yg techno blogger..Jadi blogger juga baru kemarin sore. .Pilih niche ini kerna memang minat ajha..

      Delete
  4. Ternyata gak cukup sekedar lincah menyapa dengan kalimat "hello guys!" tapi juga harus ngerti tekhnologinya, biar videonya jadi ok.

    ReplyDelete
  5. Horeee pemula dapat 5 aplikasi pilihan dari senior, tinggal pilih mau yang mana dan langsung install di handphone masing-masing.
    Kalo dari kelima ini yang mana paling sering kita pakai kak?

    ReplyDelete
  6. Mauka kasi tau anakku, katanya mau juga bikin video. Terima kasih ya

    ReplyDelete
  7. wah terima kasih banyak kak informasinya, ternyata banyak aplikasi ketce untuk video saya selama ini pake filmora go saja kak. sekali lagi makasih yah kakak

    ReplyDelete
  8. Nge-vlog dengan modal lima aplikasi ini bikin video yang diupload di YouTube jadi lebih oke pastinya ya kak. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  9. saya favorite sama kine master tuh keren jadinya video kalau di edit di situ
    kadang juga pakai viva video dan aplikasi inshoot yang terbaru ini
    cuma kamera hapeku mulaimi buram

    ReplyDelete
  10. Nah yang nomer 3 ini yang sa cari hehehe selaluka bertanya-tanya sendiri bagaimana caranya orang rekam itu layar hapenya sendiri dih. Ternyata Ada memang aplikasinya xD

    ReplyDelete