Begini caranya agar tugas kuliah bisa jadi pundi rupiah


Perkembangan teknologi membolehkan kita mendapatkan sesuatu informasi  dengan cara yang mudah. Berbagai macam informasi bisa diakses secara digital di internet. Kiblat informasi telah berubah dari cetak menuju digital. Tentunya segala informasi yang tersedia di internet tidak terlepas dari campur tangan  content creator yang menyajikan berbagai konten mulai dari tulisan, video, gambar dan bermacam konten lainya.

Berbagai pihak membuat konten di internet dengan berbagai tujuan,  sama ada dari badan perusahaan , pemerintah atau peribadi. Ada yang bertujuan menyediakan informasi untuk tujuan pekerjaan, komersial, menyajikan berita dan pelayanan informasi publik. Begitu juga dengan content creator biasa mereka menyediakan kontent di internet untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. 


So back to the topic , apa hubungannya dengan tugas kuliah ? Di sini saya kan berbagi bagaimana tugas kuliah saya bisa menghasilkan buat diri saya sendiri segalikus saya bisa berbagi kepada orang yang membutuhkan tugas saya. Bukankah tugas kuliah yang diberiakan oleh dosen itu juga berupa tulisan, gambar ,video dan sebagainya. Daripada filenya cuma diprint lalu diskusikan. Filenya di simpan bertahun-tahun hingga karatan di PC anda, alangkah baiknya kita bagikan ke internet supaya bisa bermanfaat buat orang ramai dan menghasilkan buat diri kita sendiri.

Sebelum saya lanjut, in juga tidak paksaan yah  sama ada Anda ingin berbagi atau tidak.

Tentu Anda senangkan, masih kuliah sudah bisa berpenghasilan sendiri sekaligus mengerjakan tugas sebagai Mahasiswa. Jika tugasnya berupa tulisan, anda bisa berbagi di google dengan beberapa platform gratis seperti blogger dan wordpress. Jika tugasnya berbentuk video, anda bisa berbagi di youtube dan jika tugasnya berbentuk foto, anda bisa dipaltform seperti EyeEm, Contributor dan getty image.  Semua ini bisa menghasilkan jika Anda mau berbagi. 

Berbagilah sesuai jurusan dan keahlian Anda. Ini tentu tidak  membosankan apalagi Anda masih punya kewajiban untuk belajar dan terus belajar sebagai seorang mahasiswa. Jika sudah beralih ke dunia kerja, biasanya untuk membuat tugas-tugas seperti ini sudah jarang lagi kerna fokus ke pekerjaan. Dalam proses membuat tugas , Anda juga akan semakin mahir dalam suatu bidang kerna untuk berbagi hasil tugas layak dibaca oleh orang ramai perlu banyak membaca dan praktek. 

Terlebih dahulu, perlu saya ingatkan, di sini bukan berbagi  konten plagiat yang di copas alias copy paste di Internet. Tugas yang sama saya maksud adalah benar-benar hasil karya sendiri. Walaupun anda membuatnya dengan berbagai referensi di internet, jangan lupa susun kembali sesuai kalimat sendiri tanpa mengubah maksud intinya.   

Penasaran ngak nih bagaimana caranya ? Yuk kita lanjut teman-teman . Di sini saya akan berbagi bagaimana tugas saya dalam bentuk tulisan. Tugas yang diberikan tadi dalam bentuk tulisan, saya kerjakan lalu kumpulkan ke dosen. Setelah tugasnya selesai dikumpulkan  atau dipresentasekan,  saya juga berbagi di internet melalui platform gratis yaitu blogspot. Untuk berpenghasilan lewat blogger kita perlu menjadi google publisher.  Jadi ketika baru memulai, jangan dipikiranya cuma uangnya  melulu kerna prosesnya juga tidak seperti membalikkan telapak tangan. Jangan berpikir ketika baru share satu artikel langsung ingin mendapat penghasilan. Intinya jangan buru-buru dulu untuk daftar jadi google publisher

Pertama,  buat dulu blog anda  ini bermanfaat supaya menghasilkan  banyak traffic yang  ke situs  anda. Jelas orang akan mengunjunginya kerna ada hal yang menarik yang bisa didapatkan. Sama seperti koran online, orang akan berkunjungi kesitu kerna berita terkini dan informasi menarik lainnya.   Pengalaman saya, saya telah memposting 20 artikel terlebih dahulu sebelum mengajukan menjadi google publisher. Usahakan 20 artikel ini bukan conten plagiat. Kalau lagi kuliah,  20 artkel tidak terlalu sulit untuk didapatkan saking banyaknya tugas. Dalam 1 makalah bisa dibagikan ke 4-5 artikel. Teknisnya anda mungkin anda  bisa bagikan dari Bab ke Bab. Sama seperti dari part I ke part II  sehinnga orang akan berkunjung terus ke blog kamu untuk mencari tau lanjutannya. 

Sampai di sini sudah di mengerti yah ? kalau belum ntar di buka sesi pertanyaan di kolom komentar. Saya pasti membalasnya asalkan bukan Spam.  Lanjut setelah posting artikel, mungkin saja 20 artikel itu tidak sampai seminggu untuk anda buat. Tapi sabar dulu yah teman-teman. Jika umur blog kamu baru seminggu jangan dulu daftarkan menjadi google publisher. Alangkah baiknya perbaiki dulu tampilan blog supaya pembaca juga betah baca tulisan kamu. Sambil perbaiki tampilan blog sambil posting lagi. Lebih banyak lebih baik. 

Untuk mendaftar google publisher kamu perlu mengintegrasikan blog kamu dengan google Adsense. Google adsense adalah program periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Jadi bukan hanya blogger yang dibayar melalui google adsense, termasuk juga youtubers dan developer aplikasi yang mengikuti program admobs.

Ok. Kita lanjut lagi yah . Berikut saya share lagi supaya blog kamu bisa diterima oleh google  Adsense. Ini bagian terpenting yang menentukan denga share tugas tadi apakah kamu bisa menghasilkan atau tidak. 


1. Tulis artikel berkualitas
Tugas anda yang tadi ingin di share pastikan berkualitas. Tugas/ artikel yang berkualitas dan menarik  akan menghasilkan  banyak pengunjung. Rumusnya  sederhana, jika artikel berkualitas, orang menghasilkan banyak pengunjung dan google suka dengan hal itu. Jadi Google akan tidak sia-sia menampilakan iklan di blog kamu.   

2. Buat halaman kebijakan privasi, contact us, disclamer, about us, dislaimer 
Coba lihat di koran online atau website profesional pasti ada halaman seperti di atas. Kesalahan blogger pada umumnya tidak mencantumkan halaman yang diwajibkan seperti halaman kebijakan privasi, contact us, disclamer, about us, dislaimer 

3. Cantumkan nama dan email
jangan lupa cantumkan nama dan email diblog. Nama dan email bisa di cantumkan di halaman contact us atau about us. 

4. Maksimalkan desain blog
Buat pemabaca betah berlama di blog anda dengan adanya desain yang menrik. kamu bisa mencari templete yang responsive dan fast loading di dekstop ataupun tampilan mobile

 Cukup sampai di sini dulu  yah teman-teman.. Ini masih ada lanjutannya yah. Saya akan tunjukkan bagaimana cara sampai tugas kuliahnya benar-benar bisa menghasilkan. Sampai ketemu di artiel saya selanjutnya " Begini caranya agar tugas kuliah bisa jadi pundi rupiah " Part 2.

Sebagai bonus kepada yang telah membaca sampai habis berikut saya berbagi link artikel saya tentang cara berpenghasilan di youtube. Ini cocok buat kamu yang sering bikin video atau memang tugasnya kebanyakan video. klik di sini 

0 Response to "Begini caranya agar tugas kuliah bisa jadi pundi rupiah"

Post a Comment