Mari manfaatkan peluang bisnis di era digital

Makassar.  Di era serba teknologi saat ini, segala kebutuhan manusia kebanyakan di dapatkan melalui dengan cara online. Kebutuhan manusia mulai dari transpotasi,  beli makanan,  berbelanja, mencari informasi, berkomunikasi,  jual beli,  pesat tiket pesan, baca berita, bersoasilasi dll. 

Muncul perubahan dalam teknologi akan menimbulkan dua hal dalam dunia bisnis.   Pertama adalah ancaman, dan yang kedua adalah peluang.  Silakan anda pilih mau di posisi yang mana? kerna untuk menghindar dari dampak teknologi itu amatlah mustahil bagi kita. Aktivitas Manusia sekarang tidak akan terlepas dari campur tangan teknologi didalamnya.

Hal pertama dari dampak perubahan teknologi tadi adalah ancaman bagi orang-orang yang masih mengekalkan cara-cara tradisional dalam berbisnis. Buktinya bisa kita lihat, bagaimana Gojek dan grab melibas ojek tradisional dengan cepat,  contoh lainnya lagi,  traveloka yang menenggelamkan travel-travel tradisional lainnya.   Adakah anda masih mau terpuruk dalam bingkai perdagangan tradasional?

Dalam edisi kali ini, saya akan mangajak anda untuk melihat ke hal kedua yang di sebutkan tadi yaitu peluang. Bagaimana kita harus harus melirik peluang di era digital ini teruma pada generasi muda.

Coba kita telusuri kebanyakan orqng yang sukses di usia muda adalah mereka berkecimpung di dunia teknologi,  sebut saja Mark Zakerburg (pendiri facebook) , Jeff Bezos( pemilik Amazon),  dan tak kurang juga anak genarasi muda tanah air yang sukses di usia muda seperti Wiliam Taniwijya(pemilik tokopedia),  Achmad Zaki( pemilik Bukalapak) serta banyak lagi pengusaha muda sukses yang melihat teknologi di era digital sebagai peluang besar untuk berwirausaha.

 Jika anda sudah mempunyai bisnis atau yang baru ingin memulai bisnis mari menfaatkan teknologi di era digital untuk mengembangkan atau ingin memulai bisnis anda. Berikut beberapa hal mudah yang bisa anda lakukan di internet untuk lebih berkembang lebih pesat lagi.

1. Aktif melakukan promosi di socail Media. 
Sebelum melakukan promosi di social media anda harus bijak memilih platform social media yang cocok dengan produk anda. Apakah instagram,  facebook, twitter dll.  Anda harus meneliti terlebih dahulu platform yang ingin anda gunakan apakah penggunanya cocok dengan produk anda.  Contoh seperti pengguna instagram yang di dominasi oleh muda berumur dari 18- 28 tahun, jadi jika produk anda cocok dipasarkan untuk orang berusia sesuai pengguna instagram, maka anda bisa memilih instagram.  Perlu diingat anda harus melakukan promosi secara konsisten.

2. Berjualan di " Maeket place"
Pertumbuhan di Market place di Indonesia cukup pesat dengan hadir tempat jual beli online terkemuka seperti tokopedia,  bukalapak,  shopiee, JD. ID,  OLX dan lain-lain.  Anda bisa menggunakan salah satu atau lebih dari market place yang ada di atas untuk berjual beli. Sebelum memulai, alangkah baiknya anda melakukan beberapa research sebelum memilih salah satu market place yang cocok seperti kecocokan produk,  Market place yang banyak digunakan di Kota anda,  kelebihan pada market place dll.

3. Jual beli menggunakan aplikasi mobile
Berjualan melalui aplikasi mobile juga mulai dilirik oleh para pebisnis. Aplikasi mobile yang dimaksud disini adalah aplikasi milik peribadi, atas nama bisnis anda tanpa numpang di aplikasi mana pun.  Apliksi mobile yang digunakan pun bukan aplikasi abal-abal kerna bisa didownload di google playstore maupun apps store.  Aplikasi mobile juga gampang diakses serta mempunyai banyak kelebihan seperti berbelanja langsung, tesedia informasi produk, dilengkapi midtrans untuk keamaman berbelanja plus jasa pengiriman barang.

Tambahan lagi,  jika bisnis sudah bisa diakses diplaystore maupun appstore, hal ini bisa menaikkan lagi brand image perusahaan , dan menambahkan lagi kepercayaan konsumen. Bukan sekedar berbisnis, aplikasi mobile juga bisa digunakan di semua bidang untuk memantapkan lagi sistem informasi dan menghematkan biaya produksi materi cetak seperti brosur,  majalah, katalog dll.

Download aplikasi kami di di sini . Dapatkan promo menarik di setiap pembelian melalui aplikasi kami.

Dari tiga cara yang sempat kami bagikan di atas,  menurut pengalaman berbisnis yang kami tekuni,  ternyata nomor 3 adalah cara yang paling efektif dengan hasil seperti membuka 1 toko konvesional.

Jika ingin membuat aplikasi bisnis untuk usaha atau sebagai sarana informasi di perusahaan,  anda bisa hubungi kami di sini

0 Response to "Mari manfaatkan peluang bisnis di era digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel