Cara berpenghasilan di youtube

Anda gemar membuat video ? atau anda suka eksis lewat video ? Apa salahnya jika hobi anda tersebut anda jadikan sebagai cara untuk berpenghasilan di youtube. Bagaimana cara berpenghasilan di youtube akan saya bagikan di artikel kali ini. Langsung saja kita simak bersama.

Pertama teman-teman harus punya channel youtube. Cara membuat channel youtube cukup mudah dengan akun gmail yang kita punya. Cukup log in ke youtube dengan akun gmail lalu berkomentar di salah satu video yang ada di youtube atau membuatnya dengan masuk DP di bagian pojok kanan bagian atas lalu pilih channel saya dan buat channel.
Ok. kalau sudah punya channel youtube. Bagaimana cara berpenghasilan di youtube ? Di luar dari endorse langsung melaui channel kita, youtuber mendapatkan penghasilan melalui iklan yang ditampilkan di channel mereka. Channel youtube harus dimonetisasi terlebih dahulu supaya bisa menampilkan iklan. Pihak youtube telah menetap persyaratan tertentu agar sebuah channel youtube bisa dimonetisasi untuk menampilkan iklan.

Jadi untuk mendapatkan penghasilan di youtube tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus berusaha dari titik nol supaya bisa menghasilkan pundi-pindi rupiah di Youtube. Pada bulan Februari 2018 pihak youtube telah menetapkan peraturan baru yaitu channel youtube yang bisa di menetisasi harus mempunyai 1000 subcribers dan mempunyai 4 000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Sebelumnya pihak youtube cuma menetapkan 10,000 views atau penayangan untuk lolos meonetisasi namun kali ini jauh lebih sulit lagi.

Ayo bagaimana, apakah teman-teman sanggup memenuhi persyaratan di atas ? Kalau sanggup diharap tidak setengah-setengah yah supaya usahanya tidak sia-sia. Jika baru membuat channel lalu anda berniat untuk mendapatkan uangnya, mending diurungkan dulu niatnya. Platform youtube bukan tempat mendapatkan uang yang banyak dengan waktu yang singkat. Segalanya  butuh proses kerna tidak ada jalan pintas kecuali anda ingin membeli channel seseorang yang sudah termonetiasasi. Jangan berpikir sampai ke situ dulu teman-teman. Yuk kita simak langkah selanjutnya setelah anda sudah punya channel youtube.


Mulailah mengatur channel anda dengan content yang ingin ditekuni. Usahakan content yang diupload sesuai minat kita. Contohnya anda suka memasak, mulailah buat tutorial memasak, mungkin anda suka menyanyi bisa buat channel untuk cover lagu, atau mungkin anda suka make up, bisa bikin tutorial make up dan sebagainya. Intinya buatlah konten sesuai minat teman-teman supya anda tidak bosan berkarya di youtube. Jika sudah ada content yang terlintas dipikiran kita untuk di tekuni mulailah mengartur channel dimulai dengan fixkan  nama channel yang cocok , display picture, tentang channel, foto header dan sebagainya yang dianggap penting untuk memperkenalkan channel anda.

Baca juga : content creator vs reuploader kamu pilih yang mana ?

Terus kalau sudah ngatur channel dan upload video, ntar dapat uangnya dari youtube itu bagaimana ? Jika akun sudah sudah termonetisasi, layak untuk menampilkan iklan dari google, anda akan dibayar melalui google adsense. Google edsense adalah program periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Jadi anda perlu menautkan akun youtube dengan akun google edsense untuk mendapatkan pembayaran dari iklan yang ditampilkan di channel youtube. Untuk membuat akun google edsense cukup log in ke situs google edsense menggunakan email yang anda gunakan untuk membuat channel youtube.

Cara mudah untuk menautkan akun youtube dan akun edsense adalah log in ke akun youtube. Saya sarankan untuk menggunakan PC supaya lebih mudah dengan log in ke akun youtube menggunakan browser google. Setelah log in pilih akun yang ada ada di pojok atas sebelah kanan tepatnya klik di display picture dan akun muncul menu creator studio. Masuk ke creator studio yang merupakan dashboard dari sebuah channel  youtube. Pada deretan menu  sebelah kiri anda cari pilih menu  channel dan pilih monetisasi. Ikuti langkah-langkah yang ada di monetisasi yang terdiri dari  4 langkah sebelum anda lolos untuk menampilkan iklan di channel youtube. Pada langkah kedua kita akan di minta untuk menautkan channel youtube dan akun google edsense.

Masih bingung nih setelah berhasil menautkan akun youtube dan akun google edsense, terus pembayaran melalui edsense bagaimana ?  Sabar dulu teman-teman, belum lolos menetisasi, sudah memikirkan pembayaran. Yah, Never mind lah, kalau sudah tau jalurnya mudah- mudahan teman-teman semakin semangat berkarya di youtube. Adsense akan melakukan pembayaran ke anda langsung ke rekening bank yang anda tautkan ke google adsense. Tentunya harus diverifikasi dulu rekeningnya supaya pihak google tahu itu benar-benar rekening anda. Tambahan lagi, jangan khawatir kerna  di Indonesia beberapa bank lokal sperti BRI, BNI, BCA, Mandiri , sudah bisa digunakan untuk memdapatkan pembayaran dari google edsense.

Cara untuk menautkan rekening anda dengan google edsense cukup mudah dengan memilih menu payment  di akun anda. Secara detail akan saya bahas diartikel saya selanjutnya bagaimana cara menautkan rekening bank dengan akun google edsense. Intinya teman-teman harus berkarya dulu dengan tekun di youtube. Uangnya akan datang sebagai bonus jika anda sudah berhasil membangun channel yang disukai orang ramai. Sekian apa yang sempat saya bagikan semoga bermanfaat. Jika ada yang masih kurang dimengerti , silakan berkomentar di bawah ini.

kunjungi channel youtube penulis untuk mendapatkan tips seputar youtubers klik di sini

15 Responses to "Cara berpenghasilan di youtube"

  1. Waduh saya masih jauh dari 1000 subscriber. Entah kapan bisa monetisasi hehe.

    Anak saya sempat disetujui, dia dapat syarat 10.000 views dengan cepat karena dia suka bikin video meme. Tapi kemudian tiba-tiba peraturan berubah yang harus 1000 subscriber dengan sekian jam tayang itu maka batal deh monetisasinya. Semoga secepatnya dia bisa monetisasi lagi kodong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat ibu.. Mudah2an cepat di monetisasi lagi akunnya.,bdw apa nama channel anaknya..ntar bisa di bantu

      Delete
  2. Sangat bwrmanfaat daeng. Terima kasih sdh berbagi..

    ReplyDelete
  3. Hmmm.. Ternyata tak semudah itu ya kak. Dulu saya juga bercita-cita mau jadi youtuber dan adami youtube channelku cuman begitumi, nda jadi kuteruskan karena berbagai pertimbangan 😂

    ReplyDelete
  4. Saya juga ada channel youtube,itupun iseng buat tapi belum ada Vlognya. Masih fokus jadi Blogger dulu saja

    ReplyDelete
  5. Jadi Youtuber memang butuh jalan panjang untuk monitize. Apakah butuh bikin video viral dulu biar subscribenya banyak?

    ReplyDelete
  6. Panjang juga ya prosesnya. Saya juga baru belajar bikin video, hanya saja masih sebatas kesenangan. hehee

    ReplyDelete
  7. Tiba-tiba ingat channel YouTube yang subscribers nya sudah banyak, tapi sudah 1 tahun lebih dibiarkan menganggur hahaha.

    Entahlah, sekarang sudah malas bikin video. Padahal stok perjalanan banyak. Momentumnya buat saya sudah lewat kayaknya

    ReplyDelete
  8. sepertinya harus punya satu atau dua video yang viral dulu biar banyak subscriber dan viewers baru bisa menghasilkan, yah. makin hari nyari duit di youtube makin susah kayaknya.

    ReplyDelete
  9. Klo mau cpet sih mnding bkin konten video klarifikasi putus sama pacar, trus judulnya "Alasan kita slesai" biasanya vdeo2 bgitu cepat rame hahaha.

    ReplyDelete
  10. Yang jelas berproses dulu ya Daeng. Hukumnya wajib. Jangan berpikir jalan pintas 😁

    ReplyDelete
  11. Pengenku juga jadi yutuber, tapi apa daya toolsnya belum siap.

    ReplyDelete
  12. penting banget nih tipsnya untuk para millenials yg ingin berfokus sebagai content creator di Youtube.. bakal saya catat nih kak.. terima kasih :)

    ReplyDelete
  13. Aiii saya jauhmi dari keinginan jadi youtubers, jadi guru ma saja hehehe...

    Untungnya masih bisa jadi bloger jadi tidak terkesan jadul-jadul amatji

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel