Hindari Hoax, Mari download aplikasi resmi BMKG


Baru-baru ini kita baru saja dihebohkan dengan kejadian gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah.  Bencana alam yang menimpa Sulawesi tengah pada hari jumat 28 /08/2018  18:22 WITA  telah memakan banyak korban jiwa dan sejumlah bangunan rusak parah. Gempa bumi dengan kekuatan 7.7 SR sehingga menyebabkan tsunami di Palu cukup meresahkan masyarakat Sulawesi yang turut merasakan getaran dari bencana tersebut.

Melihat kondisi bencana yang terjadi di Palu,  wajar saja bila rasa masyarakat merasa khawatir jika gempa bumi ini juga terjadi di area Sulawesi lainnya. Sayangnya,  informasi tentang gempa biasanya tersebar luas sehingga sulit untuk dipercaya yang mana info yang valid dan yang hoax.  Beberapa daerah di Sulawesi Selatan seperti Sinjai,  Bone dan Pinrang ,para penduduk pergi mengungsi kerna ketakutan. Penyebabnya tidak lain berita hoax yang tersebar ke masyarakat.

Info resmi tentang gempa dan tsunami bisa kita dapatkan dari BMKG ( Badan Meteorologi,  klimatologi, dan Geofisika ). BMKG adalah sebuah lembaga pemerintah non-departemen (LPND)  yang bertugas sebagai penyalur informasi resmi dan peringatan dini kepada instansi,  pihak terkait serta masyarakat bersangkutn dengan bencana kerna faktor Meteorologi,  klimatologi, dan Geofisika. Hal ini mencakup  tsunami dan gempa bumi yang rawan terjadi akhir-akhir ini.

Download aplikasi resmi BMKG dengan klik di sini . Stop menyebarkan hoax agar kita tidak menyusahkan orang lain.  Cermati sumber imformasi sebelum menyebarkan informasi terkait bencana alam. 

We share because we care
Semoga saudara-saudara kita di Palu dan Donggala Sulawesi tengah diberikan ketabahan..#Prayforpalu

Untuk teman-teman wilayah sulawesi.
Sobat Hokky Lovers

Panduan TAS SIAGA untuk kondisi darurat

Isinya untuk kondisi darurat dan tak terduga

1. Kitab Suci + dokumen penting (sertifikat tanah, ijazah, BPKB, dll)

2.obat2an : alcohol 77, kapas, obat diare, obat maag, antibiotik, antiseptik, handyplast, lotion anti nyamuk, minyak gosok, vitamin, obat2an khusus, dll.

3.sarung + pakaian + kaos kaki+ tutup kepala secukupnya.

4.Ransum (biskuit padat, cokelat batang, permen susu,dll)

5. peralatan : pisau kecil, sangkur, cutter, peluit, gunting, korek api, senter kecil.

6. sabun mandi+shampo+odol+sikat gigi (ukuran travel)

7.peluit

Note :
# siapkan dalam 1 tas. (Di dalam rumah ataupun di dalam kendaraan) dalam kondisi darurat langsung bawa TAS SIAGA  itu sebaiknya dalam bentuk tas punggung.
# edukasi anak anak dan anggota keluarga untuk mengenali tanda-tanda gempa dan apa upaya yg bisa kita lakukan bila itu terjadi.
# banyak berdoa
# kuat dan tabah.

Semoga Tuhan melindungi kita semua.
Yakin usaha sampai
Purna DKD sulsel tanggap bencana.

0 Response to "Hindari Hoax, Mari download aplikasi resmi BMKG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel