Flashback YouTube Rewind Makassar 2017

Youtube Rewind Makassar 2017
YouTube Rewind menjadi salah satu video yang amat dinantikan oleh warganet diberbagai belahan dunia.  Youtube Rewind adalah sebuah video rangkuman dari tren,  event,  kejadian, meme dan musik yang sempat viral dalam satu tahun. Setiap tahunnya,  pihak YouTube akan merilis YouTube Rewind dengan kolaborasi dengan sejumlah Youtubers sebagai bintangnya.

Selain dari YouTube Rewind yang dirilis  sendiri oleh pihak YouTube, berbagai negara juga turut berkreasi membuat YouTube rewind sesuai versi masing-masing. Sayangnya YouTube Rewind khusus untuk Indonesia tidak dirilis pada tahun 2017. Namun begitu, beberapa Kota Besar di Indonesia tetap merilis Youtube Rewind demi untuk menonjolkan lagi eksistensi youtubers tanah air termasuk di Kota Makassar.

Video Youtube Rewind Makassar 2017 resmi diupload pada tanggal 25 Desember 2017 dengan akun youtube ; Youtubers Makassar. Berbeda dengan tahun sebelumnya video Youtube Rewind Makassar 2016 diupload oleh akun youtube ; Creator Makassar.

Video YouTube Rewind 2017 berdurasi 9 menit 54 detik ini dilakoni oleh sejumlah Youtubers Kota Makassar. Komunitas Youtubers Makassar telah berjuang lebih kurang 2 bulan demi memproduksi video ini.

" Telah banyak cerita yang telah kita lalui di tahun 2017, di sini kami coba menyajikan semua ini dari sudut pandang kami masyarat Sulawesi Selatan.  Budaya adalah salah satu hal yang selalu terlupakan di jaman ini,  akan tetapi kita coba mengiringi opini diawal video ini dengan adanya seseorang yang membuka badik sebagai representasi budaya yang kami miliki. Kisah yang viral ditahun ini kami kemas dengan prespektif yang sederhana, mungkin tidak mewah tapi inilah adanya" Itulah beberapa kalimat yang sempat kami petik dari deskripsi video YouTube Rewind Makassar 2017.

Sebagai warga Makassar, kita patut mengapresiasi dengan adanya usaha dari content creator lokal yang ingin mengangkat nama Kota Daeng di permukaan melalui YouTube Rewind. Walaupun Youtube Rewind Makassar 2017 tidak sesuai ekspektasi, namun kita tidak tahu arung jeram yang mereka tempuh di balik layar demi memproduksi Video ini.

Selain menuai pujian, pahit manis dalam berkarya di dunia maya tak dapat dihindari. Video yang ditonton sebanyak lebih dari 30 ribu ini juga sempat menuai beberapa kontroversi dari berbagai nitizen. Di antaranya ada yang menanyakan kenapa youtubers terkenal Makassar seperti Tumming Abu tidak ada dalam Youtube Rewind 2017, kenapa videonya tidak diupload di akun Makassar Creator dan tidak kurang juga yang mengomentari terkait dengan konten videonya.

Komumitas Youtubers Makassar sempat memberikan klarifikasi tentang hal tersebut di video yang diunggah langsung dari akun Youtubers Makassar pada 1 Januari 2018. Video ini dibuat demi menjawab semua komentar-komentar yang dilayangkan di video Youtube Rewind Makassar 2017. Dalam video berdurasi 17 menit ini, 5 orang YouTubers Makassar menjelaskan suka dan duka selama dalam proses youtube rewind. Mereka juga menjawab beberapa pertanyaan  dari para nitizen. Lihat videonya di sini

Dari pengamatan kami, dari beberapa komentar yang mengkritisi video YouTube Rewind Makassar 2017, komentar yang mendukung dan mengapresiasi ternyata lebih mendominasi. Sempat menyita perhatian kami,  dunia MANJI yaitu akun youtube official artis tanah air Anji turut meningalkan jejak di video ini. " Keep making videos and musics" komentarnya.

Berikut beberapa komentar yang sempat kami himpun. klik pada gambar untuk hasil yang lebih jelas.
Komentar di Video youtube Rewind Makassar 2017


Secara keseluruhan, YouTube Rewind Makassar 2017 juga patut diacungkan jempol. Semangat dari teman-teman content creator YouTube lokal Makassar dalam memproduksi video Youtube Rewind 2017 sangat luar biasa. Semoga saja YouTube Rewind Makassar 2018 akan jauh lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. 

Baca juga : youtubers Makassar gelar rapat bahas Youtube Rewind 2018

Video youtube rewind Makassar 2017

2 Responses to "Flashback YouTube Rewind Makassar 2017 "

  1. Bentuk kreativitas seperti ini patut dihargai. Namun pasti ada saja yang kontra, ya. Semoga yang protes menerima penjelasan yang sudah diberikan dan YouTube Rewind bisa tetap dilaksanakan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel