Guna Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan, DPD IKAPPI Takalar gelar Pelatihan Kewirausahaan Khusus Pedagang Pasar

Ratusan Pedagang Pasar bersama pengurus IKAPPI Sulsel dalam pelatihan kewirausahaan di Gedung Dharma Wanita  Kabupaten Takalar,Sabtu ( 16/3)

Takalar. Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pedagang Pasar Indonesia DPP ( IKAPPI ) Cabang Takalar gelar pelatihan kewirausahaan bagi pemula di Gedung Dharma Wanita Sabtu (16/03) guna mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Ketua IKAPPI Sulsel, Muhammad Bachtiar mengatakan, pelatihan ini dikhususkan untuk pedagang pasar binaan IKAPPI dan kepada pengurus DPD IKAPPI Cabang Kabupaten Takalar.

Baca juga : KEJAM..!!! Perusahaan Asing Asal Malaysia Terlantarkan Ribuan Pekerja Di Kaltara

Daeng Atho sapaan akrabnya menerangkan bahwa dalam pelatihan ini kami dari IKAPPI akan memberikan pemahaman kepada para pedagang bagaimana cara untuk menarik masyarakat berbelanja di Pasar Tradisonal.

Pengurus IKAPPI foto bareng dengan Pedagang Pasar usai Pelatihan Kewirausahaan

Hal ini selaras dengan  mewujudkan Pencanangan Gerakan Nasional " Ayo Kembali Belanja ke Pasar Tradisional " ,  seharusnya  ada peningkatan dari segi pelayanan, penataan lingkungan pasar dan  memanfaatan produk lokal yang  kami bahas tuntas di pelatihan ini. Jelas Daeng  Atho lagi .

Ia mengungkapkan  dalam pelayanan kita biasa mendengar 3S yakni senyum, salam, dan sapa. Namun kenyataannya dalam nuansa pasar tradisonal 3S  berubah menjadi ,senyum ,sapa dan  'Sappuru' .

' Nah inilah yang harus kita sosialisasikan lagi ke pedagang terutama peningkatan dari sisi pelayanan di Pasar Tradisional " Tegas Daeng Atho



Senada disampaikan oleh ketua DPD IKAPPI Kabupaten Takalar, Hasrul Q Maddatuang, merasa berterima kasih atas antusias masyarakat untuk berpartisipasi  terutama pedagang pasar yang berdomisili di Kabupaten Takalar.
Daeng Atho (tengah) bersama pengurus IKAPPI Sulsel.
" Sebanyak 200 orang pedagang pasar termasuk pengurus IKAPPI Kabupaten Takalar  hadir dalam pelatihan kewirausahaan ini. Semoga materi yang disampaikan bisa diimplementasikan para pedagang nantinya " ucap Hasrul.

Ia menjelaskan , dalam pelatihan kewirausahaan ini, hadir sebagai Narasumber Wasekjen DPP IKAPPI Reynaldy,  Ketua DPW IKAPPI SulSel Muhammad Bachtiar.

Selain itu,  kami juga turut  menghadirkan stakeholder terkait yaitu Kamaruddin selaku Kabid UMK Dinas Koperasi Kabupaten Takalar.


Hasrul menjelaskaan  IKAPPI  akan bersinergi dengan  pemerintah setempat dalam meningkatkan  lagi potensi pasar tradisional dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Jadi saya berharap pelatihan-pelatihan seperti bisa dilaksanakan secara rutin agar lebih mendongkrak lagi kemampuan SDM pasar tradisional " Tutup dia (*)

14 Responses to "Guna Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan, DPD IKAPPI Takalar gelar Pelatihan Kewirausahaan Khusus Pedagang Pasar "

  1. Ini semacam pelatihan soft skill aja kali yah. Banyak pedagang pasar yang sudah bertahun-tahun berjualan lebih mempertimbangkan praktis, ekonomis ☺️ semoga dengan pelatihan ini para penjual bisa lebih profesional melayani pembeli. Tapi yah emang harus dua arah, pembeli sopan maka saya kita penjual akan lebih sopan ��

    ReplyDelete
  2. Kapan2 bolehlahh diajak juga kalo ada kgiatan2 pelatihan hehehee.

    ReplyDelete
  3. Kapan2 bolehlahh diajak juga kalo ada kgiatan2 pelatihan hehehee. Soalx sy oiat dicera millenials ini org2 cenderung ingin berwirausaha dibanding menjadi pegawai instansi/negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantapp..setuju banget..bro..Next time lagilah..

      Delete
  4. langkah yang bagus!
    memberdayakan pedagang pasar tradisional, meningkatkan kapasitas mereka. jangan sampai kalah dengan pasar moderen yang semakin merajalela

    ReplyDelete
  5. Memang sangat penting untuk meningkatkan SDM masyarakat di bidang ekonomi. Saya salut sama pemerintahnya yang langsung action bukan hanya berargumen. Semoga kegiatan pelatihan seperti ini tetap berlanjut agar SDM masyarakat pun bisa semakin meningkat.

    ReplyDelete
  6. semoga pelatihan ini bisa meningkatkan daya saing para pedagang tradisional kita sehingga mampu bertahan di era digital ini.

    ReplyDelete
  7. Di beberapa tempat mulai dibuat pasar tradisional yang boleh orang belanja secara online. Bagus juga kalau dilatih ya pedagang tradisional untuk meng-online-kan perdagangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya bisa bersaing di era digital seperti yang dikatakan Kak Lebug di atas.

      Delete
  8. Bagus sekali kegiatan ini semoga bisa membuat para pedagang tradisisonal agar lebih bisa meningkatkan daya saing di era digital saat ini.

    ReplyDelete
  9. Salut sekali sama orang yang kalau ikut seminar atau ikut event selalu bisa konsisten menulis hasil datang ke acara tersebut. Jadi semacam reportase singkat gituu. Kereeeen

    ReplyDelete
  10. Keren juga ini kegiatannya kak. Meningkatkan ekonomi dengan peningkatan kapasitas dari para pedagang lokal di pasar tradisional. Semoga banyak lagi orang yang mau berbelanja di pasar dan bisa mendongkar pendapatan ekonomi daerah

    ReplyDelete
  11. Mantap program pelatihan dari IKAPPI ini. Semoga pelatihan tersebut dapat meningkatkan skill bagi para peserta yang merupakan pedagang dari pasar tradisional di Kabupaten Takallar.

    ReplyDelete