Cara Membuat Paragraph di Instgram Dengan Rapi

Foto : Instagram Humas Sulsel 

Di kesempatan kali ini,  saya akan berbagi cara untuk membuat paragraph di instagram dengan dengan rapi.

Jadi platform media sosial yang satu ini amat berbeda dengan lainnya. Jika kita ingin membuat caption yang panjang, tulisannya tidak langsung menjadi paragraph baru setelah kita pilih enter seperti di facebook.

Biasanya teman-teman menggunakan titik " . " atau menambah emoticon untuk membuat paragraph baru. Benar ngak..??

Kalau tulis caption terlalu panjang tanpa paragraph, bisa-bisa mumet bacanya.. Biasanya tidak dibaca semua caption kita di Instagram. Point-point intinya juga susah dapatnya.

Tanpa berlama-lama lagi,
teman-teman kalau pengen tau cara membuat paragraph di instagram dengan rapi tanpa titik-titik atau emoticon, Yuk langsung saja kita simak caranya. :)

Pertama, tulis captionnya seperti biasa pada column yang di sediakan jika ingin memposting sesuatu di instagram. Contoh nih,  saya mau tulis seperti ini :

Caption :
Hari ini tanggal 17 April 2019, Indonesia mengadakan pemilu umum secara serentak untuk Pemilihan Presiden (Pilpres)  dan Pemilihan Legistatif (Pileg). Tentunya sebagai warga Indonesia,  saya juga ingin berpartisipasi dalam menetukan nasib bangsa ini 5 tahun kedepan.

Dari caption di atas,  saya ingin membuatnya menjadi 2 paragraph :

Paragraph 1 : Hari ini tanggal 17 April 2019, Indonesia mengadakan pemilu umum secara serentak untuk Pemilihan Presiden (Pilpres)  dan pemilihan Legistatif (Pileg).

Paragraph 2 : Tentunya sebagai warga Indonesia,  saya juga ingin berpartisipasi dalam menetukan nasib bangsa ini 5 tahun kedepan.

Kedua, pada kata (Pileg)., setelah titik, Anda tidak perlu menggunakan spasi lagi di instagram. " (pileg).Tentunya "

Ketiga,  Setalah titik,  langsung saja enter  2 kali untuk membuat paragraph. 

Keempat,  di sini adalah part yang paling penting teman-teman.  Disimak dengan saksama yah.. :) Pada caption  tersebut,  di baris antara paragraph satu dan dua,  Anda perlu mengisinya dengan " line break".

Ket : Anak Panah menunjukkan tempat untuk mengisi line break


Line break ini,  adalah karakter yang tidak terlihat..Cara membuatnya, Anda bisa tekan dan tahan dibagian kiri hp anda,  nanti akan muncul pilihan,  copy,  paste, itulah " line break " tahan dibagian yang tidak ada huruf yah. Bisa di coba dibawah ini.




Kalau teman-teman tidak mau ribet,  bisa langsung copy di sini : " ㅤㅤㅤㅤ"
Note : line break berada di antara tanda petik.

Saran saya,  line break ini,  teman-teman simpan saja di catatan. Kalau saya sering simpan catatan itu di google keep. Lalu di pinned agar berada di bagian paling atas. Alasannya,  agar mudah ditemukan untuk mencarinya apabila dibutuhkan lagi. Kan catatannya banyak tuh,  ntar tengalam ke bawah lagi,  hehe..

Line break yang saya simpan di google keep


Cukup sekali copy,  lalu bisa paste saja line break itu tadi di setiap kali Anda ingin membuat paragraph.

So, saya ulangi yah,  berikut point-point pentingya :

Pastikan kata terakhir tidak diberikan spasi setelah titik, enter 2 kali,  dan copy paste link break di antara paragraph seperti gambar yang ada di atas..

Berikut hasilnya yah teman-teman :)



Sangat mudah bukan.??  Selamat mencoba.. :)

Jika ada yang belum dimengerti,  teman-teman bisa berkomentar di bawah.. :) 😊

14 Responses to "Cara Membuat Paragraph di Instgram Dengan Rapi"

  1. mantappppp,,ini mi yg lama ,i mau ku tau caranyaa..

    ReplyDelete
  2. dari tadi ka pikir, knp kita pake foto ig humas sulsel,, ternyata admin nya juga masih pake titik-titik,, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Iya nih saya biasanya pake kalau gak titik ya pake dash. ternyata ada uga toh caranya. Instagram bener-bener penuh tricky nih. Kalau seperti ini kan jadi keliatan enak dibaca dan rapi. Makasih min untuk tutorialnya. Langsung coba nih dapat ilmu baru.

    ReplyDelete
  4. ini yang lama juga saya cari caranya. ndak nyaman rasanya liat tulisan panjang tanpa jeda. akhirnya ketemu juga.

    ReplyDelete
  5. Saya masih pakai titik-titik wkwkwk. Jadi, yang di-copas itu tulisan "line break" dih, maksudnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. line breaknya yang kita Copas, itu line break tidak terlihat.,di Pilih lalu copy line break di atas, kalau dipilih baru kelihatan ter highlight..

      Delete
    2. Say sebutkan di atas, Line break ada di antara tnda petik, di situ, coba kita tahan di dikit sampai muncul tanda copy, lalu copy, bisa save dulu di note supaya bisa di gunkan berulang kali,, lalu paste di antara pargraph yang sering kit gunakan titik, bisa lihat foto di atas.

      Delete
  6. Info yg bermanfaat kak, apalagi klo mau nulis caption IG dgn narasi yg panjang, akhirnya bisa jd rapi. Tp klo rata kiri kanan kayax belum ada tipsnya ya hehe...

    ReplyDelete
  7. kalau upload foto di instagram saya gak pernah buat paragrah sepanjang ini, paling caption, tapi tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Artikel yang sangat menbntu bagi para instagramer, apalagi yang menggunakn instagram sebagai media bisnis. Mantap

    ReplyDelete
  9. Wah terima kasih banget untuk tulisannya kak, ini sangat membantuku yang bekerja sebagai seorang "mimin" di Instagram. hahahha

    ReplyDelete
  10. Terimakasih kak tulisannya. Sangat membantu untukku yang suka pasang caption panjang. Next postingan bakalan saya coba deh tipsnya

    ReplyDelete
  11. Saya selama ini klu bikin caption di IG sering pake titik2. So bermanfaat banget nih tipsnya kak. Makasih for sharenya, mau saya praktekkan nih

    ReplyDelete
  12. Ya ampun setelah sekian lama akhirmya kutemukan jawabannya, tidak sabar rasanya membuat paragraf di IG..terima kasih kak

    ReplyDelete