Mudahnya Membuat Aplikasi Mobile Menggunakan Platform Compro

Foto : dashboard engine.Compro.id (my account)


Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak terlepas dari aplikasi mobile. Aplikasi mobile merupakan sebuah software yang  dibuat dan memerlukan  perangkat smartphone yang mengharuskan proses untuk mendownloadnya di  Google Playstore (Android) maupun Apple Apps Store (IOS). 

Untuk membuat sebuah aplikasi mobile dibutuhkan keahlian khusus di bidang programming (coding) dan desain grafis.

Pada tahun 2018, saya telah menemukan sebuah platform yang memudahkan kita membuat aplikasi mobile yang tanpa mempunyai keahlian khusus di bidang programming. Platform yang saya maksud adalah Compro Mobile Apps Builder.

Supaya apa yang saya paparkan tentang platform ini bukan sekedar omongan doang, di sini saya sertakan bukti yang konkrit. Berikut 2 aplikasi  yang sudah terpublish di Google Playstore yang saya buat menggunakan platform Compro.

Compro merupakan sebuah platform digital  yang dibuat untuk memudahkan setiap orang membuat dan menjual aplikasi mobile berbasis android maupun IOS. Aplikasi yang dibuat melalui platform Compro juga bisa dipublikasikan ke Google Playstore maupun Apple Apps Store.

Compro Mobile Apps Builder ibarat sebuah rumah yang kosong, lalu Anda sebagai pemilik platform sisa mengisi dan mendesainnya sesuai keinginan.

Mengapa harus membuat aplikasi mobile di Compro ? Saya akan jelas secara singkat kelebihan dari Mobile Apps Builder ini .

  • Dapat dibuat oleh siapa saja tanpa perlu memahami bahasa programming (coding)
  • Proses pembuatan mobile apps mudah dan cepat
  • Aplikasi mobile dapat dipublish di Google Playstore dan Apple Apps Store
  • Live update. Perubahan Content dapat dilakukan kapan saja dan  di mana saja. 

Dengan menggunakan platform Compro Anda hanya memerlukan 4 langkah dalam membuat mobile apps sendiri yakni Create , Desain, Content dan Publish.

Untuk membuat aplikasi mobile dengan mudah anda perlu log in terlebih dahulu di website resmi Compro. Cara untuk  log in dan mendapatkan user ID akan saya jelaskan di akhir artikel ini.

4 langkah mudah dalam membuat mobile Apps di Platform Compro foto : compro.id-Engine 

Setelah log in. Selanjutnya mari kita bahas 4 langkah dalam membuat aplikasi mobile di Platform Compro.

1. Create

Foto : dashboard compro.engine.id


Di tahap ini, Anda perlu memberi nama Aplikasi anda sesuai Keinginan. Jadi platform ini sangat fleksible untuk segala kebutuhan Anda, sama ada untuk aplikasi bisnis, public figure, perusahaan, bisnis, dan lain-lain.

Contoh, saya ingin membuat Aplikasi tentang usaha warkop. Karena Warkopnya atas nama " Warkop Siana", jadi saya sisa tulis nama Warkop Siana. Sekali lagi nama Aplikasi sesuai keinginan Anda.

Setelah membuat nama, silakan pilih kategori. Terdapat berbagai kategori yang tersedia seperti Health and Beauty, community, company profile, Education,  event, Hospital, Hotel, Organization, Personal, Product Catalogue, Public Figure, property, restaurant, shoping Mall, Online shop dan Travel.

2. Desain

Foto : dashboard compro.engine.id part desain

Pada tahap ini, Anda perlu mendesain logo, screenflash dan bacground aplikasi. Ini  di luar desain produk yang anda akan tampilkan nanti.

Logo dengan ukuran 512 x 512 piksel  . Logo ini akan tampil di layar smartphone dan juga sebagai icon aplikasi di Google Playstore maupun  Apple Apps Store.

Screenflash dengan ukuran 2208 x 2208 piksel,  adalah tampilan sementara yang tampil beberapa detik  setelah tap icon aplikasi dan akan tampil sebelum masuk ke beranda utama.

Background dengan ukuran vertical yang fleksible sisa di adjust sesuai keinginan Anda.  Background adalah tampilan di beranda utama aplikasi.

3. Content

Foto : dashboard Compro.engine.id part Content

Ini adalah tahap yang paling penting untuk membuat aplikasi Anda sesuai kategori yang diinginkan. Demi memaksimalkan content pada aplikasi, terdapat 50+ fitur yang tersedia di Platform Compro  yang yang telah teringreasi dengan perbagai layanan digital.

Ada banyak fitur sih sebanarnya jika ingin dibahas satu persatu. Dari 50+ tersedia , saya akan paparkan beberepa contohnya saja yah.

Berikut beberapa fitur yang telah tersedia :
  • Tap to Call
  • Tap to Chat  
  • Tap to Email
  • Get Direction 
  • Push Notification
  • Online CMS (Content Management System)
  • Video player
  • Payment gateway
  • Delivery estimation 
Dll..


Di sini Anda sisa menginput data penting ataupun foto sesuai keinginan berdasarkan kategori yang telah dipilih.

Kemudian, berikut saya jelaskan lagi secara singkat beberapa kelebihan fitur :

Tap to call :  Dalam aplikasi User sisa Klik nomor telfon anda, lalu user langusng bisa melakukan panggilan layaknya  fitur yang ada di grab dan gojek.

Get Direction : Jika anda sudat menginput alamat Lengkap, maka akan memudahkan user menemukan lokasi Anda kerna di fitur ini sudah terintegrasi dengan google Map.

Push Notification : Anda bisa mengirimkan notifikasi kepada semua user aplikasi dengan mudah melalui fitur ini. Notifikasi yang dikirim akan sesaui dengan nama aplikasi dan akan muncul di pemberitahuan handphone user.

Intinya banyak lagi, fitur yang tersedia yang tidak sempat saya bahas satu-persatu di sini.

Kalau makin penasaran, Yuk dilanjutkan nanti untuk log in sendiri. :) 

4. Publish

Foto : Dashboard compro.engine.id part publish



Jika ketiga langkah di atas sudah selesai, selanjut Anda sisa mempublikasikan aplikasi di Google Playstore atau Apple  Apps Store. Aplikasi juga bisa dipublikasikan di kedua-duanya sekaligus.

Namun Anda harus ingat, bahwa kedua-dua pelayanan Aplikasi di atas mempunyai syarat dan ketentuan tersendiri terutama Apple Apps Store yang terbilang mempunyai biaya yang cukup tinggi.

Saran saya, cukup Anda publish dahulu di Google Playstore kerna di sini gratis untuk tahun pertama dan Anda bisa publish menggunakan developers Apps yang disediakan oleh Compro (Gratis). 

Nah untuk log in di Compro Mobile Apps builder anda harus mengunjungi laman resminya di https://engine.compro.id . Anda harus regis terlebih dahulu untuk mendapatkan user ID dengan Affiliate Compro yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Affiliate  compro siap menjelaskan lebih detail tentang mobile apps builder ini serta keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.

Informasi lanjut tentang harga platform dan keuntungan lainya anda bisa konsultasi di sini 

Penjelasan Bonus.

Saking mudahnya menggunakan platform Compro, live update bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Moreover , yang paling saya suka adalah ketika aplikasi A kurang maksimal, kita bisa unpublish apps dari Google Playstore lalu mengubahnya ke aplikasi B di platform yang sama. Ibaratnya bendera A tidak berkibar, kita turunkan si A lalu naikkan lagi bendera B.

Sekian apa yang saya bisa bagikan tentang Compro Mobile Apps Builder. Jika ada pertanyaan, teman-teman bisa berkomentar di bawah.

Selamat mencoba :) 

4 Responses to "Mudahnya Membuat Aplikasi Mobile Menggunakan Platform Compro"

  1. Wah baru tahu nih ada platform seperti compro yang bisa membantu kita bikin aplikasi mobile. Jadi pengen coba nih, sepertinya menarik

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih builder app nya. Saya baru tahu klo di mobile app ada buildber kek gini. Yang saya tahu biasa build app di PC. Kayak builder app dan unity 3D. Ini salah satu kemajuan lagi nih. Mantap.

    ReplyDelete
  3. Wih mantap. Bisa ini dipakai untuk membuat aplikasi blogku dih?

    ReplyDelete
  4. Ah keren sudah semakin mudah membuat aplikasi mobile 👍 coba coba ah, terimakasih infonya 🙏 ditunggu tutorial lainnya kak.

    ReplyDelete