Gabung Jadi Google Local Guides, Berikut 5 Keuntungannya

Foto : Instagram @localguidesmakassar


Google Local Guides atau umumnya disebut dengan Local Guides merupakan salah satu program dari Google bagi komunitas relawan atau kontributor untuk menambah informasi ke Google Maps.

Local Guide biasanya menulis ulasan, menambah foto, menambah video, menambahkan dan atau mengedit tempat, menjawab pertanyaan tentang suatu tempat dan memeriksa fakta pada Google Maps.

Secara umumnya, seperti itulah secara singkat peran Local Guides dalam menyajikan informasi yang bisa kita dapatkan di Google Maps hari ini.

Banyak yang bertanya, apa keuntungannya jadi Local Guides? berapa gajinya, atau minimal berapa fee yang kamu dapatkan ? dan berbagai macam pertanyaan yang timbul ?

Jika dalam benak Anda, " It's all about money " mending diurungkan saja niatnya untuk jadi Local Guides. Namanya juga komunitas relawan atau kontributor.

Intinya menjadi Local guides adalah sebuah kegiatan berbagi kepada banyak orang. Bisa saja apa yang kita bagikan bermanfaat buat orang lain.

Mudah-mudahan bisa menjadi amal jariyah. :)

Nah, keuntungan lainnya Anda akan dapatkan kemudian. Pengen tau..? Yuk kita simak bersama. :)

Berikut 5  keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menjadi Local Guides

1. Mendapat rewards dari Google 
Biasanya Local Guides akan mendapatkan  bermacam rewards dari Google. Selama menjadi Local Guide , saya sudah mendapatkan berbagai rewards  dari google berupa voucher belanja di Tokopedia,  voucher Airy rooms, voucher Red bus, voucher diskon penginapan OYO dan banyak lagi.

Kadang voucher-voucher  diskon ini saya berikan juga ke teman-teman yang membutuhkan karena tidak semua saya gunakan.

Bagi kamu, yang sering travelling, jadi Local Guide ini cocok banget karena rewards dari Google untuk kontributor di Google Maps ini  berupa voucher untuk  penginapan, perjalanan dan berbelanja lainya. Jadi ongkos travellingnya  bisa hemat.

Tapi harus diingat tidak rutin yah..Kayak gajian kan ada tanggalnya tuh. Kalau reward dari Google ini biasanya surprise..Eh..tiba-tiba dapat hadiah dari Om Google. :)

2. Berkesempatan ke Kantor Pusat  Google di San Francisco, California, Amerika Serikat. 

Setiap tahunnya Google memberi kesempatan kepada lokal Guide di seluruh penjuru negara untuk mengikuti Lokal Guide Summit. Kegiatan ini diadakan di kantor google Amerika Serikat dengan biaya yang ditanggung sepenuhnya pihak Google.

Sebuah bentuk penghargaan yang diberikan pihak  Google kepada mereka yang sudah berkontribusi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi di Google Maps.

3. Early Access, Produk-Produk Google 

Tidak hanya produk-produk besar tetapi lebih dari itu, Google juga membuat banyak produk-produk yang lebih sederhana. Local Guides punya kesempatan melihat duluan produk yang disiapkan Google, dengan catatan: early access ini hanya akan diberikan kepada Local Guides dengan level tertentu yang nantinya juga akan diseleksi lagi.

4. Akses Khusus ke Lokal Guide Connect.

Jika sudah resmi menjadi Local Guide kamu akan bergabung dengan jutaan pengguna lainnya melalui Local Guides Connect. Local Guides Connect merupakan cara Google menghubungkan para Local Guides ke dalam sebuah aplikasi atau forum komunikasi kontributor di seluruh dunia.

Jadi, Anda bisa mendapatkan teman lebih banyak lagi tidak hanya di Indonesia tapi juga dari berbagai negara lain.


5. Membangun Silaturahmi bersama komunitas Lokal Google Guide 

Jumlah Google Local Guides sudah terbilang banyak di seluruh dunia, bahkan sudah terbentuk komunitas Local Guides di berbagai tempat.

Di Indonesia, terdapat banyak komunitas Local Guides di beberapa daerah termasuk di Kota Makassar. Dalam Komunitas ini, Local Guides bisa saling bersilaturahmi, saling berbagi dan menyelenggarakan berbagai kegiatan positif.


Itulah 5 keuntungan yang bisa  Anda dapatkan ketika menjadi Google Local Guides. Jika masih ada tambahan atau pertanyaan, teman-teman bisa berkomentar di bawah.

Sekian..Semoga bermanfaat guys.. :)

10 Responses to "Gabung Jadi Google Local Guides, Berikut 5 Keuntungannya "

  1. terima kasih informasinya kak. saya pernah mendengar sedikit tentang Google local guides sebelumnya. tapi, belum terlalu tahu apa keuntungannya.
    saya juga mau tanya kak, pernah saya pakai maps ke kantor desa yang ada di Kabupaten Gowa. Tapi, ngerinya saya malah di bawah ke Tempat pemakaman umum. apakah Local Guides ada yang memasukkan alamat salah juga ya? dan kalau ia, apakah ada sanksi untuk yang melalukannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya menambah tempat, tetapi peran lainnya juga seperti mengedit atau memeriksa fakta dari data yang diinput di Google Maps..Kalau untuk check one by one ,ngak mungkin, tapi coba kk Komentar ,memberikan tanggapan bahwa titiknya salah, biasa Local guides akan dapat pemberitahuan,kalau ada waktu biasa ada yang batu cocokkan dengan edit tempatnya..Kalau sangsi belum ada tuh,,Kok cuma ikhlas bantu, kontributor /relawan , masak mau dapat sangsi..dan bisa saja salah input titik dari pengguna sendiri..tapi biasanya ngak ada yang melengceng jauh,,kalau fatal salahnya biasa google ngak approve juga lokasi yang diinput..so far, itu yang saya dapat informasikan..

      Delete
  2. iya. Arahan dari google local guide ini sering membantu, terutama yang seperti saya kadang ngga paham map atau lokasi baru. Bahkan utk hal2 kecil berupa tempat parkir paling nyaman saja bisa ditampilkan karena bantuan para local guide. saya jugfa sering posting review atau foto2 untuk tempat yg saya kunjungi, buat saya itu beramal sekaligus membantu teman2 lain

    ReplyDelete
  3. Aaaargh gemasku, belum punya foto bersama kalian, para Google Local Guides Makassar. Semoga pada kopdar berikut saya bisa hadir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau masih ada kue lebarann..bisalah atur di mna bagus meet up lagi dan endingnya pasti foto-foto😊

      Delete
  4. ada padeng komunitasnya di makassar, level 7 bisa join kahh? :D :D

    ReplyDelete
  5. Sudah lama juga saya jadi local guide Google dan sudah beberapa kali dapat reward juga.

    Memang menarik program ini, bisa saling membantu antar pengguna.

    Anyway, ada yang tapi tuh: Amerika Syarikat hahaha

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel